RAKOR FORUM RENSTRA

Kamis, 14 Februari 2019

Administrator

Berita

Dibaca: 142 kali

Forum Renstra perangkat daerah Badan Kesbangpol Provsu dilaksanakan untuk memenuhi amanah peraturan menteri dalam negeri nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan,pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tatacara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tatacara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah serta untuk menindalanjuti surat edaran Gubernur Sumatera Utara Nomor 050/498 tentang pedoman penyusunan Renstra perangkat daerah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman pencapaian sasaran program dan kegiatan tahun 2018 – 2023.

            Dalam pelaksanaan kegiatan forum Renstra daerah ini, Badan Kesbangpol Provsu menyampaikan rancangan awal Renstra guna dibahas bersama Kabupaten/Kota dan stake holder terkait guna penyempurnaan dan penajaman terhadap Renstra Bakesbangpol Provsu.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

            Kegiatan forum Renstra ini di laksanakan di Grand Aston Medan pada tanggal 12 Februari 2019.

Peserta Kegiatan

Adapun peserta yang diundang hadir pada kegiatan ini adalah Kesbangpol Kabupaten/Kota, Forum - forum strategis Provinsi dan perangkat daerah terkait tugas dan fungsi Kesbangpol.

Narasumber yang diundang

  • Akademisi dari USU Prof.Dr.Badaruddin,M.Si dengan tema ”Renstra OPD Kesbangpol dalam pencampaian visi dan misi dengan pemerintaha daerah Sumatera Utara”.
  • Bappeda Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Kasubbid pemerintahan umum Siti Rahma,SE,M.Si dengan tema “Rencana pembangunan jangka menengah daerah Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 2023”.

Pelaksanaan Kegiatan

  • Kegiatan forum Renstra oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara yang diwakili oleh Staf Ahli Gubsu bidang hukum, politik dan pemerintahan Nouval  Makhyar,SH, pembukaan acara pada pukul 09.00 wib.
  • Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi secara panel dan dipandu oleh kepala bidang politik dalam negeri Provinsi Sumatera Utara, penyampaian materi disampaikan oleh :

Bappeda Provsu

  • Tahapan penyusunan Renstra perangkat daerah sebagaimana diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.
  • Hubungan Renstra perangkat daerah dengan pencapaian target dan sasaran dalam RPJMD Provinsi Sumatera Utara.
  • Capaian kinerja pembangunan daerah pada RPJMD Provinsi Sumatera Utara.
  • Capaian kinerja pembangunan daerah pada RPJMD tahun sebelumnya baik dari sektor  pendidikan,Infrastruktur ketenaga listrikan dan sebagainya serta proyeksi pendapatan daerah.
  • Selanjutnya juga disampaikan permasalahan pokok pembangunan provinsi Sumatera Utara yang disesuaikan dengan arah dan kebijakan untuk lima tahun kedepan.
  • Atas hal tersebut dijelaskan tentang prioritas RPJMD Provinsi Sumatera Utara dan sektor ketenaga kerjaan, pendidikan, kesehatan,infrastruktur,agraris dan pariwisata.

Prof.Baharuddin M.Si (USU)

  • Renstra OPD didalamnya terdapat tujuan, sasaran, program kegiatan dan ditetapkan setelah peraturan RPJMD ditetapkan dan hal ini menetapkan amanah UU no 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.
  • Renstra OPD disusun untuk pencapaian visi dan misi pemerintah daerah (Provinsi) oleh karenanya  program dan kegiatan setiap OPD harus disusun seperti yang sudah dalam RPJMD Provinsi.
  • Dari visi dan misi pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 – 2023, Kesbangpol memiliki peran dalam mencapai misi I,II dan IV.
  • Perlunya pelestarian dan inventarisasi aset khusus budaya yang ada di Sumatera Utara.

Berita Terkait

Kembali ke atas

Pencarian



Jajak Pendapat

Tahukah anda tentang Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Pemprovsu?
Tahu
Sangat Tahu
Tidak Tahu
Sangat Tidak Tahu
Pernah Dengar

Lihat